SEMINAR NASIONAL BIOLOGI XXV TAHUN 2019

Kegiatan Seminar Nasional Biologi merupakan merupakan agenda dua tahunan dari Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI). Pada tahun 2019 Cabang PBI Lampung bekerjasama dengan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah. Ketua Panitia Seminar Nasional XXV Dr. Herawati Soekardi, MS. melaporkan Seminar Nasional ini berlangsung selama tiga hari pada 25 – 27 Agustus 2019 dan tercatat 142 orang peserta seminar yang mendaftar dan hadir berasal dari 13 provinsi di Indonesia. Peserta terjauh dari Papua Barat sebanyak 4 orang, Kalimantan Barat 2 orang, Makassar 1 orang, D.I. Yogyakarta 1 orang, DKI Jakarta 8 orang, Riau 5 orang, Jambi 2 orang, Banten 1 orang, Jawa Barat 26 orang, Sumatera Selatan 1 orang, Bengkulu 2 orang, dan Lampung 89 orang.

Adapun tema seminar kali ini “Pemanfaatan Biodiversitas dalam Mewujudkan Biobased Ecogreen”. Tema tersebut sangatlah tepat diangkat dalam Seminar Nasional kali ini, karena Provinsi Lampung memiliki Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Way Kambas, Cagar Alam Anak Krakatau, dan Taman Hutan Raya Wan Abdur Rahman. Diharapkan dari hasil diskusi dalam Seminar Nasioanal ini dapat memperkuat pemahaman dan pemanfaatan biodiversitas Indonesia khsusunya Provinsi Lampung. Hadir juga di Seminar Nasional ini Rektor beserta Dekan FMIPA Universitas Lampung, Rektor UIN Lampung, Empat Kepala Dinas Pemda Lampung, Sekjen Kelembagaan – Kemenristekdikti, Ketua Umum PBI beserta beberapa orang Pengurus PBI Pusat, Para Narasumber/Pembicara Utama, undangan dan tamu kehormatan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBI Dr. EnceDarmo Jaya Supena menyampaikan bahwa potensi pemanfatan biodiversitas dalam mewujudkan Biobased Ecogreen adalah dengan memanfaatkan limbah organik, limbah berupa biomasa. Lampung yang terkenal sebagai daerah produsen buah-buahan diantaranya pisang dan industri makanan berbasis pisang, apakah limbah organik atau biomasanya sudah dapat dimanfaatkan dengan baik, misalnya dengan memanfaatkan iptek dalam pemanfatan limbah tersebut sehingga bisa menghasilkan produk-produk sesuai kebutuhan kekinian, sekaligus ecogreen. Keberadaan anggota PBI dan kepengurusannya di tingkat cabang atau wilayah, semoga dapat menggali banyak lagi potensi-potensi biobased di wilayah masing-masing, yang diharapkan dengan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak terkait dapat menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan dan ramah lingkungan, biobased ecogreen.

Sambutan berikutnya oleh Dekan FMIPA dan kemudian dilanjutkan oleh Rektor Universitas Lampung sekaligus membuka Seminar Nasional Biologi PBI XXV. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Lampung menyampaikan bahwa Seminar Nasional Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI) XXV dan Call for Papers di Universitas Lampung ini, diharapkan dapat dijadikan wahana bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam bertukar pikiran tentang bagaimana membangun kreativitas dan inovasi untuk menciptakan daya saing nasional dan internasional bangsa kita. Acara ini diharapkan mampu membangun semangat juang untuk memenangkan persaingan ASEAN di Era Masyarakat Ekonomi Asean.

Acara dilanjutkan dengan Sesi Pembicara Kunci, yang disampaikan berturut-turut oleh Prof . Ryohei Kada, Ph.D. (Sijonawate Gakuean University, Japan), Prof . Dr. Moh. Mukri M.Ag. (Rektor UIN – Lampung), Prof. Dr. Nuryani Rustaman (UPI Bandung), Prof. Dr. Djoko T. Iskandar ((AIP & ITB Bandung), Dr. Herawati Soekardi, MS. ((Taman Kupu- Kupu Gita Persada Lampung), dan Ir. Anshori Djausal, MT. (Dewan Pakar Daerah – Lampung Tengah).

Bersamaan dengan waktu istirahat makan siang sekaligus berlangsung Sesi Poster dan setelah makan siang dilanjutkan dengan Sesi Paralel Presentasi Oral pada 26 dan 27 Agustus 2019.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s