Seminar Regional Biologi I dan Pembentukan PBI Cabang Jambi

pbi-1Tarian Pembuka

Tema

“Meningkatkan Peran Biologi dalam Pembangunan Daerah Jambi”
Hotel Golden Harvest – Jambi,  15 Oktober  2016

Seminar Regional Biologi I dan Pembentukan Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI) Cabang Jambi telah diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) pada Sabtu, 15 Oktober 2016 di Golden Harvest Hotel Jambi.  Tema Seminar adalah ” Meningkatkan Peran Biologi dalam Pembangunan Daerah Jambi”.

Acara tersebut dibuka oleh Dr. Bambang Hariyadi, M.Si. selaku Ketua Pelaksana Kegiatan dan melaporkan bahwa peserta seminar selain dosen, melibatkan juga guru-guru SMA yang mengajar biologi dari berbagai Kabupaten di Jambi. Beliau juga menyampaikan dengan terbentuknya wadah bagi para biologi yaitu PBI Cabang Jambi, maka para biologiwan (dosen, guru, praktisi dan pemerhati biologi) dapat berpartisipasi, meneliti, mengajar, dan sebagainya, yang terkait dengan aset biologi untuk kemajuan Indonesia, dan Jambi khususnya.

Selanjutnya dalam Sambutan Ketua Umum PBI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono menyampaikan bahwa masih banyak yang bisa digali dari Propinsi Jambi khususnya potensi dari tumbuhan dan hewan yang berada di hutan-hutan.   Untuk itu masih banyak peluang bagi Dosen, Guru dan mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menggali potensi keragaman hayati tersebut. Acara Seminar dibuka oleh Dekan FKIP yang diwakili oleh Dr. Syamsurizal, M.Si.
pbi-3Pelantikan pengurus PBI Cabang Jambi dilakukan langsung oleh ketua PBI Umum Dr. Siti Nurmaliati Prijono dan dihadiri oleh sekretaris PBI Pusat Dr. Wartika Rosa Farida, Dekan FKIP yang diwakili oleh Dr. Syamsurizal, M.Si, serta Akademisi Biologi Provinsi Jambi. Ketua Umum PBI mengatakan bahwa menjadi tugas dari Pengurus dan anggota PBI di wilayah Jambi untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya hutan bagi kehidupan melalui bidang penelitian ataupun pendidikan biologi.   Selain itu PBI Cabang Jambi hendaknya mensosialisasikan bahwa ilmu biologi sangat penting dalam kehidupan manusia dan hendaknya dapat membantu permasalahan yang ada di Jambi serta membantu memberikan kebijakan untuk mencari jalan keluar.

pbi-2Dalam konferensi Press, Dr Tedjo Sukmono, M.Si., Ketua PBI Cabang Jambi yang baru dilantik mengatakan akan menggelar agenda penelitian biologi yang dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah. Selain itu PBI Cabang Jambi sebagai salah satu organisasi ilmiah akan bekerjasama dengan berbagai jurnal ilmiah sehingga dapat menaikkan nilai kareditasi jurnal ilmiah tersebut.  Selanjutnya menurut Dr. Tedjo, PBI Cabang Jambi dapat mewadahi peneliti dibidang biologi untuk melakukan penelitian secara terstrukur dalam upaya pelestarian serta pembangunan di Jambi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s