HASIL SEMINAR NASIONAL PBI – 10 Oktober 2015

big-3Lihat Galeri

Draf Rumusan, Seminar Nasional PBI

Tema

 “PERAN BIOLOGI UNTUK KEMANDIRIAN BANGSA”

Kerjasama : Perhimpunan Biologi Indonesia dengan Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Jakarta, 10 Oktober 2015

  1. Perubahan paradigma ilmu pengetahuan pada abad XXI ditandai dengan pendekatan multi dan interdisiplin. Pakar biologi, fisika, kimia, matematika dan juga ilmu-ilmu sosial dan budaya serta pakar teknologi harus bekerja secara terintegrasi dalam memecahkan persoalan fundamental bangsa Indonesia.
  2. Para ahli biologi dapat berperan dalam meneliti dan mempublikasikan temuan-temuan untuk dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat. Riset dasar dan riset terapan harus membentuk sebuah kesinambungan. Agar sumberdaya hayati dapat dikomersialisasi perlu ditopang dengan teknologi yang memadai, pengelolaan kekayaan intelektual hasil penelitian yang sesuai, transfer teknologi untuk menunjang industri, dan jejaring antar pemangku kepentingan.
  3. Meskipun Indonesia memiliki catatan panjang dalam perkembangan ilmu pengetahuan hayati (biologi), namun SDM biologi Indonesia belum memiliki daya saing yang memadai. Oleh karena itu upaya untuk mendorong generasi muda dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biologi harus terus dilakukan. Dalam penyediaan dan pengembangan SDM, program studi biologi dan pendidikan biologi yang terakreditasi dan berkualitas sangat diperlukan dan perlu terus diwujudkan. Para ahli biologi melalui Perhimpunan Biologi Indonesia dapat berperan dalam mewujudkan program studi yang berkualitas melalui keterlibatannya dalam pendampingan pengembangan program studi.
  4. Untuk dapat memahami dan memanfaatkan nilai ekologi, ekonomi, sosial –budaya dan pertahanan (biosecurity dan bidefense) dari sumberdaya hayati Indonesia diperlukan perubahan cara pandang dan sikap untuk menumbuh-kembangkan kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati bagi kemandirian bangsa sejak usia dini.
  5. Valuasi ekonomi dari sumberdaya hayati baik secara langsung maupun tidak langsung harus selalu dilakukan dalam setiap kegiatan pemanfaatan dan pengelolaan sumbadaya hayati sehingga keberlanjutan dari fungsi ekosistem dalam menyediakan keanekaragaman hayati tetap dapat dipertahankan.
  6. Budaya inovasi dan kreativitas yang secara langsung dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi tanpa mengesampingkan keberlanjutannya harus terus ditumbuhkembangkan. Upaya untuk menjembatani proses inovasi melalui Business Innovation Center dapat dilakukan agar inovasi sampai pada tahapan komersialisasi.
  7. Tradisi ilmiah adalah nafas akademik yang perlu terus menerus dipupuk dan dikembangkan di Indonesia, terutama oleh komunitas biologiwan Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI).

 

Jakarta, 10 Oktober 2015

Tim Perumus

 

Prof. Dr. Eko Baroto Waluyo
Dr. Miftahdin
Dr. Ence Darmo Jaya Supena
Dr. Wartika Rosa Farida

Dr. Siti Nuramaliati Prijono Dr. Witjaksono
Dr. Bambang Sunarko Dr. Ence Darmo Jaya Supena, M.Si.
Dr. Nurul Taufiqu Rochman Dr.rer.nat. Ir. M. Mukhlis K., M.Sc.
Putri Irma Yuniarti, SE., M.S.E Drs. Isroil Samihardjo, M. Def. Stud.
Dr. Retno Widowati Prof. Dr. Yohanes Purwanto
Dr. Miftahudin MC – Vani

2Sesi – 1
3
Sesi – 2

1

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s